10 Jan 2024

Workshop Pemodelan Design Thinking untuk Desain Sistem Informasi di PT Neuronworks Indonesia

Pada Rabu (20/12/2023) dan Jumat (22/12/2023) Fakultas Informatika, Telkom University khususnya Tim Kelompok keahlian Software Engineering Kembali mengadakan kolaborasi dengan PT Newronworks dalam pengembangan sumber daya manusia. PT Newronwork merupakan salah satu perusahaan besar yang mengelola banyak proyek di bidang teknologi informasi. Perusahaan ini mengerjakan pengembangan solusi IT bagi klien mereka. Untuk terus berkembang dan dipercayai banyak orang, PT Neuronworks harus bisa dan selalu menghasilan inovasi pada produk dan layanan mereka.

Sebagai perusahaan yang menciptakan inovasi IT bagi klien dari berbagai bidang usaha, PT Neuronworks Indonesia berkomitmen untuk selalu menciptakan solusi berdasarkan kebutuhan dari para kliennya dalam pengembangan Sistem Informasi yang menjadi pesanan dari kliennya. Oleh karenanya memahami kebutuhan dan memodelkan kebutuhan dan solusi dari Sistem Informasi klien menjadi syarat dan keharusan dalam proses pengembangan solusi oleh Neuronworks.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan banyak proyek berskala nasional maupun internasional, melakukan proses analisis dan memodelkan kebutuhan dan solusi merupakan sebuah tantangan besar yang harus dihadapi oleh PT. Neuronworks Indonesia. Seluruh pegawai di PT. Neuronworks Indonesia perlu memahami tantangan tersebut dan mempersiapkan kompetensi analisis dan pemodelan untuk berperan serta aktif untuk  membuat inovasi mampu create and capture values. Karena berorientasi pada pengguna dan creating value maka eksplorasi terhadap Teknik pemodelan pada Design Thinking dirasakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi saat ini yang berorientasi pada pembuatan produk yang kreatif dan berpusat pada pengguna.

Materi yang diberikan berupa teori yang dberikan pada hari pertama pelaksanaan Abdimas yakni: Introduction to Design Thinking, The Key for Creating Successful Software with Design Thinking, How to Implement Design Thinking for SDLC. Kemudian untuk dapat mempraktekkan dan merasakan pengalaman menggunakan Design Thinking, maka pada hari kedua pelaksanaan Abdimas peserta mengisi dan mempraktekkan Design Thinking dengan mengisikan Worksheet Design Thinking yang dipandu oleh tim Abdimas Design Thinking.

Berikut beberapa kesan yang dirasakan oleh beberapa peserta. Yang pertama, “Dengan ada nya pengabdian masyarakat ini menambah pengetahuan terhadap hal baru yang bisa diimplementasikan ke dalam bidang sistemn informasi“. Peserta lainya menyatakan, “Materi sangat bagus, membuka pemikiran saya saat melakukan requirement project.“. Dan juga ada yang memberikan opini, “sesuai dengan yang dibutuhkan pada pekerjaan sehari hari.

Leave a Reply